Site announcements

Testing Aplikasi

by Admin UNU -

Kepada Mahasiswa silahkan untuk login dan membuka kelas Learning Management System.



Available courses

Fisika Dasar 2 TI
Dr. FITRI APRIL YANTI, M.Pd

Fisika Dasar 2 TI

Mata Kuliah Fisika Dasar 2 akan membahas tentang Medan Listrik, Arus Listrik, Rangkaian Arus Listrik Searah, Medan Magnet, Induksi Elektromagnetik, Arus bolak-balik, Gelombang dan Bunyi, sebagai dasar pembahasan konsip-konsep fisika lanjut

Fisika Dasar TI
Dr. FITRI APRIL YANTI, M.Pd

Fisika Dasar TI

Mata Kuliah Fisika Dasar akan membahas materi tentang konsep terpenting dan gejala dalam fisika klasik dengan cara memberikan dasar yang kuat ilmu fisika, gejala alam dan aplikasi dasarnya untuk teknologi saat ini, mulai dari konsep kinematika gerak partikel lintasan garis lurus dan melengkung (parabola, melingkar), dinamika partikel, Hukum Newton dan aplikasinya, konsep dinamika benda tagar, konsep usaha dan energi, konsep momentum, konsep fluida, teori kinetik gas, dan relativitas khusus.

Pengolahan Data Terdistribusi
AGUS KOMARUDIN

Pengolahan Data Terdistribusi

Struktur organisasi pengolahan data dengan kemampuan yang terpusat, dan pengolahan paling sedikit bagian dari suatu aplikasi dengan cara yang terdesentralisasi

Algoritma dan Pemrograman Lanjut
AGUS KOMARUDIN

Algoritma dan Pemrograman Lanjut

Salah satu konsep yang penting dalam bahasa pemrograman C++ adalah struktur. Struktur merupakan suatu bentuk susunan dari suatu program yang dibuat

Pemrograman Internet
AGUS KOMARUDIN

Pemrograman Internet

Pada mata kuliah Pemrograman Internet merupakan pemrograman yang dapat dikembangkan dan diakses melalui internet dengan media browser, pemrograman internet dapat dikembangkan dengan pemrograman PHP

Pengantar Teknik Informatika
AGUS KOMARUDIN

Pengantar Teknik Informatika

Komputer berasal dari bahasa latin ‘computare’ yang artinya menghitung (to compute). Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat menerima masukan dan selanjutnya melakukan pengolahan untuk menghasilkan keluaran.


Interfacing dan Microcontroller
Willy Artanika Rikarda

Interfacing dan Microcontroller

Mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus, cara kerja mikrokontroler sebenarnya membaca dan menulis data.

Fisika Dasar SI
Dr. FITRI APRIL YANTI, M.Pd

Fisika Dasar SI

Mata Kuliah Fisika Dasar akan membahas materi tentang konsep terpenting dan gejala dalam fisika klasik dengan cara memberikan dasar yang kuat ilmu fisika, gejala alam dan aplikasi dasarnya untuk teknologi saat ini, mulai dari konsep kinematika gerak partikel lintasan garis lurus dan melengkung (parabola, melingkar), dinamika partikel, Hukum Newton dan aplikasinya, konsep dinamika benda tagar, konsep usaha dan energi, konsep momentum, konsep fluida, teori kinetik gas, dan relativitas khusus.

Fisika Dasar TE
Dr. FITRI APRIL YANTI, M.Pd

Fisika Dasar TE

Mata Kuliah Fisika Dasar akan membahas materi tentang konsep terpenting dan gejala dalam fisika klasik dengan cara memberikan dasar yang kuat ilmu fisika, gejala alam dan aplikasi dasarnya untuk teknologi saat ini, mulai dari konsep kinematika gerak partikel lintasan garis lurus dan melengkung (parabola, melingkar), dinamika partikel, Hukum Newton dan aplikasinya, konsep dinamika benda tagar, konsep usaha dan energi, konsep momentum, konsep fluida, teori kinetik gas, dan relativitas khusus.

Mikroprosesor
Willy Artanika Rikarda

Mikroprosesor

Mata Kuliah ini merupakan upaya untuk menyatukan semua fitur penting dari masing-masing keluarga mikroprosesor utama yang telah berkembang selama tahun 1970-an dan 1980-an. Karakteristik utama dari masing-masing mikroprosesor 8-bit, 16-bit dan 32-bitb disajikan, bersama dengan deskripsi pertimbangan aplikasi dan perangkat lunak.

Makul ini mengecualikan beberapa mikroprosesor yang jarang digunakan, tetapi konsentrasi pada perangkat yang paling umum memberikan deskripsi tentang prosesor yang digunakan di setidaknya 95% dari sistem Mikroprosesor saat ini.

Sebagian besar topik yang serupa cenderung berkonsentrasi pada satu perangkat. Cakupan komprehensif dari subjek yang disajikan di sini harus memberikan referensi yang berguna bagi yang membutuhkan latar belakang umum untuk keseluruhan subjek. Materi selanjutnya dalam pembahasan ini berkonsentrasi pada bahasa pemrograman (BASIC, Pascal dan C), dan khususnya pada sistem operasi (program utama dalam sistem Mikroprosesor multi-program). Catatan deskriptif tentang fasilitas yang tersedia dalam sistem operasi yang paling umum harus memungkinkan pengguna Mikroprosesor berbasis disk untuk melakukan berbagai fungsi operator secara lengkap. Bab pengantar tentang prinsip-prinsip Mikroprosesor disediakan untuk membantu pembaca yang baru mengenal subjek tersebut, dan daftar istilah di akhir buku akan terbukti membantu.

Penulis ingin berterima kasih kepada beberapa rekannya atas diskusi yang membantu, dan murid-muridnya yang telah lama menderita (dulu dan sekarang) yang telah sering menyediakan platform eksperimental untuk gaya presentasi banyak materi.

Mesin Penggerak Mula
Willy Artanika Rikarda

Mesin Penggerak Mula

Engine adalah suatu alat yang memiliki kemampuan untuk merubah energi panas yang dimiliki oleh bahan bakar menjadi energi gerak. Berdasarkan fungsinya engine pada biasa digunakan sebagai sumber tenaga atau penggerak utama (prime power) pada machine, genset, kapal (marine vessel) ataupun berbagai macam peralatan industri.

Sistem Pentanahan dan Proteksi
Willy Artanika Rikarda

Sistem Pentanahan dan Proteksi

Macam dan statistik gangguan arus lebih pada sistem daya listrik, Jenis-jenis dan cara kerja peralatan proteksi arus lebih, pengetanahan titik netral dan arus hubung singkat, koordinasi peralatan proteksi arus lebih pada sistem daya listrik, perancangan sistem proteksi arus lebih pada sistem daya listrik, penilaian terhadap suatu sistem proteksi arus lebih.

Programmable Logic Control (PLC)
Willy Artanika Rikarda

Programmable Logic Control (PLC)

PLC (Programmable Logic Controller) adalah suatu mikroprosesor yang digunakan untuk otomasi proses industri seperti pengawasan dan pengontrolan mesin di jalur perakitan suatu pabrik. PLC memiliki perangkat masukan dan keluaran yang digunakan untuk berhubungan dengan perangkat luar seperti sensor, relai, contactor dll.

Dasar Teknik Eektro
Willy Artanika Rikarda

Dasar Teknik Eektro

MAta kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengantar tentang prinsip-prinsip dasar kelistrikan dan elektronik yang diterapkan pada sistem pendingin, pemanas, dan pendingin udara. Ini menggabungkan prinsip-prinsip dasar, menggunakan sedikit matematika, dengan aplikasi terbaru yang ditemukan di industri HVAC. Bidang pendinginan, AC, dan pemanas sedang mengalami beberapa perubahan yang sangat cepat. Munculnya chip komputer memungkinkan untuk mengontrol sistem pemanas dan pendingin secara tepat dan dengan banyak kebebasan memprogram aplikasi mereka. Tungku efisiensi tinggi yang baru memanfaatkan chip baik untuk urutan dan untuk perlindungan dari kerusakan yang tidak disengaja. Paling pengontrol terprogram ini memberikan instruksi dan buletin teknis. Mereka banyak, dan masing-masing memiliki pendekatan sendiri untuk memecahkan masalah yang diberikan. Mata Kuliahini akan memungkinkan Anda untuk memahami instruksi ini dan perbaikan. Teknisi masa depan perlu menghadapi fakta bahwa perubahan tidak bisa dihindari, dan bahwa mereka harus mengikuti perkembangan terbaru selama mereka berfungsi di lapangan. Buku ini diharapkan dapat mempermudah tugas tersebut.

Pemrograman Linear
AGUS KOMARUDIN

Pemrograman Linear

Pemrograman Linear digunakan dalam pengalokasian sumber  daya organisasi (sumber daya : tenaga,  bahan mentah, waktu , dana )

RISET PSIKOLOGI
ANNISSA VALENTINA

RISET PSIKOLOGI

MEMPELAJARI MENGENAI RISET-RISET STATISTIK DALAM BIDANG PSIKOLOGI

PENGELOLAAN PENDIDIKAN
BAMBANG ARIYANTO

PENGELOLAAN PENDIDIKAN

Setelah mengikuti matakuliah pengelolaan pendidikan diharapkan mahsiswa mampu memahami dan menerapkan mengenai hal-hal sebagai berikut :(1). wawasan pengelolan pendidikan, (2).Konsep Dasar Manajemen,(3).  Fungsi Manajemen ,(4).Pengelolaan Pendidikan,(5). Perencanaan Pendidikan,(6). Pengorganisasian Dalam Pendidikan,(7).Motifasi Personil Pendidikan,(8).Komunikasi Organisasi Pendidikan,(9). Kepemimpinan,(10).Pengawasan Dalam Pendidikan dan,(11).Bidang Majemen Di sekolah.

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN (S1 PGSD)
Drs. Sucipto M.Pd.NUR SYAMSIAH

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN (S1 PGSD)

6

Deskripsi

:

Mata kuliah ini tentang kurikulum dan pembelajaran, kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis dan praktis baik yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran yang berfungsi membekali mahasiswa calon tenaga pengajar dalam bidang Pendidikan dan pemahaman diharapkan dapat membekali mereka untuk menjadi pendidik yang professional dalam bidangnya. Secara garis besar, materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini terkait tentang konsep dasar, hakekat, landasan dan prinsip, komponenkomponen kurikulum, model pengembangan kurikulum, hakekat belajar, mengajar, dan pembelajaran, silabus dan perancangan pelaksanaan pembelajaran, strategi, metode, model dan pendekatan pembelajaran dan praktik mengajar.


Aljabar SD
FAHRUDIN -

Aljabar SD

Mata kuliah Aljabar ini membantu dan membekali mahasiswa dalam memahami kalimat metematika, sistem pembelajaran linier, sistem pertidaksamaan linier, persamaan kuadrat,pertidaksamaan kuadrat, barisan, bilangan, deret bilangan, matrisk, dan determinal


Evaluasi Pembelajaran SD
FAHRUDIN -

Evaluasi Pembelajaran SD

Mata   kuliah   ini  memberikan   pemahaman   tentang   konsep   evaluasi, kedudukan evaluasi  dalam  tujuan,  fungsi,  prinsip-prinsip   dan   ruang  lingkup evaluasi, jenis-jenis tes, ciri-ciri tes yang baik (dilihat dari validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan dan daya pembeda), instrumen teknik  tes dan penyusunannya, instrumen teknik non-tes dan penyusunannya, penyekoran tes, penilaian kelas dan portofolio.

Teknologi Informasi Komputer
FAHRUDIN -

Teknologi Informasi Komputer

Mata kuliah ini memberikan wawasan dan menambah pengetahuan akan teknologi informasi. Teknologi informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan atau menyebarkan informasi.

Seusai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai teori dan praktek yang berhubungan dengan teknologi informasi terkini


Curriculum and Material Development
NURUL AINI

Curriculum and Material Development

Setelah mengikuti matakuliah Curriculum and Material Development (42006) mahasiswa/i diharapkan: a. Mampu memahami makna kurikulum dan materi pembelajaran b. Mampu menyusun perangkat pembelajaran beserta materi yang akan disampaikan sesuai level pendidikan c. Mampu mengembangkan kurikulum dan materi sesuai dengan perkembangan teknologi dan disesuaikan dengan keadaan sekolah baik lingkungan maupun siswa d. Mampu mengaplikasikan manfaat matakuliah Curriculum and Material Development di lingkungan pendidikan e. Menumbuhkan prilaku positif terhadap matakuliah Curriculum and Material Development f. Mempunyai rasa percaya diri yang tinggi terhadap matakuliah Curriculum and Material Development g. Mampu menjadi guru professional dibidang pendidikan, sosial, dan bidang lain

Literary Appreciation
NURUL AINI

Literary Appreciation

Upon completion of this course students are expected to possess a good understanding
of literary works ranging from drama, novel, and poetry, and skills in analyzing them, and
also a good attitude towards them. This course gives the students foundations of
analyzing literary works and how to appreciate them. The topic includes literary work
genres and their characteristics, basic literary theories, analysis and interpretation of
literary works. The delivery of the materials employs some techniques such as lecturing,
discussion, individual work, and group work. The students’ achievement is assessed
through their classroom participation, home assignments, mid- and end-semester tests,
and individual projects.

Semantics and Pragmatics
NURUL AINI

Semantics and Pragmatics

Mata kuliah ini mengkaji tentang Semantic and Pragmatic. Materi yang akan dibahas dalam matakuliah ini berkaitan dengan makna kata dan penggunaan bahasa sesuai dengan konteks dan situasinya. Adapun materi yang akan dibahas yaitu; Definition of semantic, Symbol and referent, Denotation and connotation, Implication, Lexical and grammatical meaning, Morphemes,  Homonymy and Polisemy, Synonymy and Antonymy, Meronymy, Sentence and meaning, Methaphore and simile, Hyphonymy, homophone, and homographs, Politeness and Impoliteness, and Theory of speech act (locution, illocution and perlocution). 


MORPHOSYNTAX
ENY MAULITA PURNAMA SARI

MORPHOSYNTAX

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah    :     

-    Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk memahami teori English morphology dan syntax.

-       Menguasai teori English morphology dan syntax serta mampu mengaplikasikannya dalam analisis kata dan kalimat berbahasa Inggris.

-       Membuat keputusan berdasarkan teori morphology dan syntax untuk memilih berbagai alternatif solusi dan menganalisis kata dan kalimat dalam bahasa Inggris.

-       Memiliki sikap bertanggung jawab dalam menganalisis kata dan kalimat berbahasa Inggris dengan teori yang relevan.

Deskripsi :      Kajian tentang teori morfologi dan sintaksis yang didesain untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam menganalisis kata dan kalimat dalam teks berbahasa Inggris.


Listening for General Communication
DARWISSYAH IRWAN DUHIR

Listening for General Communication

Listening


Why do we listen??

How do we understand??

How do we respond?


in this lesson we would like to make us easier to understand and respond the information that we heard.

PUBLIC RELATION
DIYAH DWI AGUSTINA, S.Pd., M.Pd

PUBLIC RELATION

Mata kuliah ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mahasiswa dalam berkomunikasi, khususnya sebagai komunikator yang menyampaikan pesan kepada komunikan. Materi meliputi pengelolaan critical thinking dan personal capability, dengan mengakomodasi perkembangan public relation di berbagai bidang.


READING IN PROFESSIONAL CONTEXT
DIYAH DWI AGUSTINA, S.Pd., M.Pd

READING IN PROFESSIONAL CONTEXT

Mata kuliah Reading in Professional Context ini merupakan lanjutan seri mata kuliah membaca sebelumnya, Reading for General Communication, dan dipersiapkan sebagai syarat mengikuti mata kuliah membaca tingkat akhir Reading for Academic Purposes. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan dibimbing untuk meningkatkan kemampuan membaca tingkat lanjut yang meliputi mencari pokok pikiran dan makna kata/frase dalam konteksnya, menjawab pertanyaan tersurat dan tersirat baik yang khusus maupun yang umum. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai jenis teks yang meliputi teks deskripsi, ekspositori, argumentasi, dan persuasi.

Pronunciation Practice
AHMAD EFENDI

Pronunciation Practice

This course is intended to make students able to identify sounds in English, pronounce word stress sentence stress, and compare the English sounds and their native language, linking sounds accurately in ways within the acceptable varieties of world English. Throughout the course, students are expected to be able to pronounce English words, phrases, sentences, word stress, and sentence stress correctly and appropriately. Since they are going to be teachers, students are expected to have the knowledge of the principles of English pronunciation and able to figure out how to teach it. They are also taught the principles of pronouncing words, phrases, sentences, and paragraphs

Speaking For Academic Purpose
AULFA REYZA AYUNI PRESTIKA

Speaking For Academic Purpose

SPEAKING FOR ACADEMIC PURPOSE (Semester 3)

1.      Deskripsi Matakuliah

Mata kuliah ini mempersiapkan siswa untuk penggunaan berbagai bahasa yang ditemui dalam lingkungan akademik seperti bertanya dan menjawab pertanyaan, mengumpulkan, mengatur, melaporkan dan mendiskusikan informasi. Mata kuliah berkaitan dengan ekspresi dan istilah yang digunakan dalam pengaturan akademik bahasa Inggris. Speaking for Academic Purpose merupakan praktik dan mendorong siswa untuk mengartikulasikan ide-ide mereka pada berbagai topik yang biasanya ditemukan dalam pengaturan akademik bahasa Inggris.

 

2.      Manfaat Mempelajari Matakuliah

Setelah berpatisipasi aktif dalam mata kuliah ini mahasiswa dapat

a. Berbicara bahasa Inggris dan mengekspresikan diri mereka dengan percaya diri, komunikatif, dan jelas melalui berbagai kegiatan yang dipilih di mana bahasa Inggris formal dan komunikatif melekat.

b. Menerapkan aturan bahasa Inggris yang tepat sesuai dengan topik kegiatan berbicara.

c. Menerapkan berbagai fungsi bahasa yang terintegrasi dalam kegiatan komunikasi wicara, seperti mengungkapkan derajat probabilitas, menyarankan tindakan, memperkenalkan tema, menunjukkan keinginan untuk melanjutkan, meminta klarifikasi, dll.

3.      Cakupan Mata Kuliah

Pada perkuliahan Speaking for Academic Purpose ini, mencakup materi yang bersifat teori dan praktik yang dilakukan selama 16 kali pertemuan. Di setiap pertemuan mahasiswa/i diharapkan mampu berpartisipasi aktif sehingga dapat berbicara Bahasa Inggris dengan percaya diri dalam praktek hasil kegiatan pembelajaran daring maupun luring.

 

4.      Cara Belajar

Dalam perkuliahan ini menerapkan beberapa cara atau metode pembelajaran, yaitu :
1. Daring (dalam jaringan) melalui Smart UNU dan juga grup Whatsapp
2. Luring (Luar jaringan) selama pandemi ini tidak hanya melalui daring, tetapi pembelajaran dilakukan secara luring dimana kegiatan dilakukan secara tatap muka ini dilaksanakan kurang lebih 1-2 pada akhir semester.

3. Analisis melalui studi kasus, penugasan, demonstrasi dan praktek mandiri.

 

5.      Jenis Kegiatan Mahasiswa

Selama masa pandemi Covid-19 dilakukan secara daring dan luring. Adapun kegiatan mahasiswa yang bisa dilakukan dirumah antara lain:

a.       Belajar secara mandiri dirumah masing-masing melalui UNU SMART.

b.      Belajar secara mandiri dirumah dengan Modul yang sudah diberikan oleh dosen.


Foundation of English Grammar
ENY MAULITA PURNAMA SARI

Foundation of English Grammar

Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar tata bahasa dalam bahasa Inggris. Setelah menyelesaikan perkuliahan, mahasiswa diharapkan:

(1) memiliki pengetahuan dasar tentang tata bahasa dalam bahasa Inggris, terutama yang berkaitan dengan pemahaman kelas kata (parts of speech), verb forms dan tenses,

(2) mampu menerapkan pengetahuan dan pemahaman tata bahasa tersebut dalam penggunaan kalimat berbahasa Inggris yang baik dan berterima, 

(3) mengidentifikasi kesalahan-kesalahan tata bahasa yang bersifat mendasar dalam kalimat. 

Deskripsi Isi mata kuliah yang menitikberatkan pada peletakan dasar-dasar pemahaman tata bahasa yang baik dan benar, mata kuliah ini akan mencakup pembahasan materi seputar (1) unsur-unsur tata bahasa terutama pada level jenis kata dalam pembentukan sebuah kalimat, (2) bagaimana unsur-unsur tersebut berkaitan satu sama lain, dan (3) perubahan-perubahan yang menyertainya yang dipengaruhi oleh sifat kejadian, perubahan makna, dan waktu.



Kimia Dasar 2
RYZAL PERDANA

Kimia Dasar 2

Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat / mampu / memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang dasar-dasar ilmu kimia yang meliputi teori atom, stoikiometri, reaksi dalam larutan, sifat-sifat larutan, kinetika kimia, kimia organik, dan kimia anorganik. Selain itu, mata kuliah ini juga diberikan sebagai bekal keterampilan pemisahan dan analisis kimia untuk keperluan uji fitokimia.

Referensi

Utama    :

1.        McMurry, John dan Robert C, Fay. (2003). Chemistry, 4th ed. New Jersey: Prentice Hall.

2.        Oxtoby, D. W., H.P. Gillis, dan N.H. Nachtrieb. (2001). Prinsip-prinsip Kimia Modern Edisi Keempat Jilid 1 (Terjemahan oleh S.S. Achmadi). Jakarta: Penerbit Erlangga.

3.        Sumardjo, D. (2009). Pengantar Kimia. Jakarta: EGC.

4.        Chang, R dan Jason Overby. (2008). General Chemistry, The Essential Concept. NY: McGraw Hill.

Pendukung  :

5.        Zumdahl, Steven S. dan Susan A. Zumdahl. (2007). Chemistry, 7th ed. Houghton Miffln Company.

6.        Syukri, S. (2010). Kimia Dasar I. Bandung: Penerbit ITB.

7.        Poulsen, Tracy. (2013). Intoduction to Chemistry. CK-12 Foundation.

8.        Wonoraharjo, Surjani. (2013). Metode-metode Pemisahan Kimia, Sebuah Pemisahan. Jakarta: Akademia Permata



Aljabar Linear
SANTI WIDYAWATI

Aljabar Linear

Mata kuliah ini merupakan matakuliah lanjutan pada bidang aljabar yang bertujuan untuk mengenalkan beberapa konsep dasar dalam matematika, melakukan proses generalisasi sederhana dalam matematika, dan dapat menggunakan pengetahuan tentang Aljabar Linier untuk mempelajari lebih lanjut.  Lingkup materi perkuliahan meliputi ruang euclidis, ruang vetor umum, ruang bagian, bebas linier, tak bebas linier, basis dan dimensi, ruang baris dan ruang kolom matriks, ruang hasil kali dalam, panjang dan sudut pada ruang hasil kali dalam, basis orthonormal, koordinat dan perubahan basis, transformasi linier, nilai dan vector eigen.

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN (S1 PJKR)
NUR SYAMSIAH

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN (S1 PJKR)

Deskripsi MK Kurikulum dan Pembelajaran

Mata kuliah ini tentang kurikulum dan pembelajaran, kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis dan praktis baik yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran yang berfungsi membekali mahasiswa calon tenaga pengajar dalam bidang Pendidikan dan pemahaman diharapkan dapat membekali mereka untuk menjadi pendidik yang professional dalam bidangnya. Secara garis besar, materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini terkait tentang konsep dasar, hakekat, landasan dan prinsip, komponenkomponen kurikulum, model pengembangan kurikulum, hakekat belajar, mengajar, dan pembelajaran, silabus dan perancangan pelaksanaan pembelajaran, strategi, metode, model dan pendekatan pembelajaran dan praktik mengajar.

ILMU KEPELATIHAN
FERDI ZULKARNAIN, M.Pd.

ILMU KEPELATIHAN

PJKR (SEMESTER 3)

A. Deskripsi Matakuliah

Matakuliah ini membahas isu‑isu yang berkaitan dengan masalah‑masalah yang esensial dalam pelatihan olahraga tanding (terutama bagi atlet‑atlet elit), khususnya isu‑isu yang hingga kini masih sering di di alami oleh pelatih.

B. Manfaat Mempelajari Matakuliah

Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan sudah faham mengenai prinsip‑prinsip latihan serta metodologi penerapannya di lapangan. Demikian pula mengenai teori melatih kondisi fisik serta metodologi penerapannya pada atlet berbagai cabang olahraga, yang meliputi unsur‑unsur fisik seperti daya tahan, stamina, kekuatan, power, daya tahan kekuatan, kelentukan, agilitas, kecepatan, dll.

C. Cakupan Matakuliah

Pada perkuliahan Ilmu kepelatihan ini, mencakup beberpa materi yang bersifat teori dan praktik dari 16 kali pertemuan. Dimana setiap pertemuan mahasiswa/i diharapkan mampu, mengerti dan bisa mempraktekkan hasil dari kegiatan pembelajaran daring ini.

D. Cara atau Metode Belajar

Dalam perkuliahan Ilmu kepelatihan ini menerapkan beberapa cara atau metode pembelajaran, yaitu :
1. Daring (dalam jaringan) melalui Smart UNU, grup Whatsapp, dan Zoom.
2. Luring (Luar jaringan) pembelajaran selama pandemi ini tidak hanya melalui daring, tetapi luring yang mana kegiatan secara tatap muka ini dilaksanakan kurang lebih 2-3 kali saja pada awal dan akhir semester, guna memberi apresiasi kepada mahasiswa yang mungkin jenuh dengan kegiatan daring.
3. Praktikum, setelah mahasiswa/i mempelajari perkuliahan perkuliahan lewat daring, kegiatan berikutnya adalah praktikum secara individu dirumah masing-masing.

E. Jenis Kegiatan Mahasiswa

Selama masa pandemi Covid-19 tidak membatasi kegiatan mahasiswa. Adapun kegiatan mahasiswa yang bisa dilakukan dirumah antara lain:
1. Berolahraga secara mandiri dirumah masing-masing.
2. Mengikuti kegiatan seminar online atau diskusi online.
3. Belajar secara mandiri dirumah dengan Modul yang sudah diberikan oleh dosen.
4. Keluar dari zona nyaman atau melakukan sesuatu diluar kebiasaan selama covid-19.

ILMU LULUT & PERAWATAN CEDERA
FERDI ZULKARNAIN, M.Pd.

ILMU LULUT & PERAWATAN CEDERA

PJKR (SEMESTER 3)

A. Deskripsi Matakuliah

Mata kuliah ini membekali wawasan, pengetahuan dan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang arti dari Ilmu Lulut (Ilmu Pijat) serta pencegahan dan perawatan cedera (PPC) yang meliputi pengertian dari Ilmu lulut, devinisi mekanisme dan jenis cedera olahraga, Konsep pencegahan cedera olahraga, Penyusunan program pencegahan cedera olahraga Penanganan pertama pada cedera olahraga, Penanganan tingkat lanjut/perawatan cedera olahraga.

B. Manfaat Mempelajari Matakuliah

Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai pengetahuan (definisi, mekanisme dan jenis) cedera yang terjadi saat berolahraga. Mahasiswa mampu menyusun dan mengaplikasikan program pencegahan cedera dan memberikan penanganan pertama terhadap cedera. Mahasiswa mampu mengembangkan sikap untuk selalu belajar, membuka ruang diskusi dengan profesi lain yang terkait (dokter, fisioterapi, masseur) dalam perawatan tingkat lanjut cedera olahraga demi kesembuhan olahragawan.

C. Cakupan Matakuliah 

Pada perkuliahan Ilmu lulut dan perawatan cedera ini, mencakup beberpa materi yang bersifat teori dan praktik dari 16 kali pertemuan. Dimana setiap pertemuan mahasiswa/i diharapkan mampu, mengerti dan bisa mempraktekkan hasil dari kegiatan pembelajaran daring ini.

D. Cara atau Metode Belajar

Dalam perkuliahan Ilmu lulut dan perawatan cedera ini menerapkan beberapa cara atau metode pembelajaran, yaitu :
1. Daring (dalam jaringan) melalui Smart UNU, grup Whatsapp, dan Zoom.
2. Luring (Luar jaringan) pembelajaran selama pandemi ini tidak hanya melalui daring, tetapi luring yang mana kegiatan secara tatap muka ini dilaksanakan kurang lebih 2-3 kali saja pada awal dan akhir semester, guna memberi apresiasi kepada mahasiswa yang mungkin jenuh dengan kegiatan daring.
3. Analisis melalui studi kasus, penugasan, demonstrasi dan praktek mandiri yang
diberikan berbasis masalah terhadap ilmu lulut dan cedera olahraga.

E. Jenis Kegiatan Mahasiswa

Selama masa pandemi Covid-19 tidak membatasi kegiatan mahasiswa. Adapun kegiatan mahasiswa yang bisa dilakukan dirumah antara lain:
1. Berolahraga secara mandiri dirumah masing-masing.
2. Mengikuti kegiatan seminar online atau diskusi online.
3. Belajar secara mandiri dirumah dengan Modul yang sudah diberikan oleh dosen.
4. Keluar dari zona nyaman atau melakukan sesuatu diluar kebiasaan selama covid-19.

SENAM IRAMA
FERDI ZULKARNAIN, M.Pd.

SENAM IRAMA

PJKR (SEMESTER 5)


A. Deskripsi Matakuliah

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang membekali mahasiswa PJKR dengan
kemampuan fisik, motorik dan keterampilan dasar dalam cabang olahraga senam irama yang mengandung berbagai gerakan unik yang berfokus pada tubuh manusia.
Di dalam perkuliahan senam irama ini mahasiswa harus mempraktekkan berbagai gerak dan keterampilan senam dari beberapa kelompok senam yaitu senam artistik, senam
ritmik, dan senam umum (general gymnastics).


B. Manfaat Mempelajari Matakuliah 

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu mempraktekkan
berbagai gerak dan keterampilan senam dari beberapa kelompok senam yaitu senam
artistik, senam ritmik, dan senam umum (general gymnastics). Di dalam senam ritmik, mahasiswa harus menguasai gerak-gerak dasar dalam lima alat seperti bola, pita, tali, gada, dan simpai. Sedangkan disenam umum, mahasiswa harus mampu menguasai rangkaian SKJ dan senam aerobik.
Di samping itu, mahasiswa harus menguasai berbagai pengertian tentang senam,
sejarah senam, jenis-jenis senam, serta aspek mekanika gerak dari teknik dasar senam.

C. Cakupan Matakuliah

Pada perkuliahan Senam irama ini, mencakup beberpa materi yang bersifat teori dan praktik dari 16 kali pertemuan. Dimana setiap pertemuan mahasiswa/i diharapkan mampu, mengerti dan bisa mempraktekkan hasil dari kegiatan pembelajaran daring ini.


D. Cara atau Metode Belajar

Dalam perkuliahan Senam irama ini menerapkan beberapa cara cara atau metode pemelajaran , yaitu : 
1. Daring (dalam jaringan) melalui Smart UNU, grup Whatsapp, dan Zoom.
2. Luring (Luar jaringan) pembelajaran selama pandemi ini tidak hanya melalui daring, tetapi luring yang mana kegiatan secara tatap muka ini dilaksanakan kurang lebih 2-3 kali saja pada awal dan akhir semester, guna memberi apresiasi kepada mahasiswa yang mungkin jenuh dengan kegiatan daring.
3. Analisis melalui studi kasus, penugasan, demonstrasi dan praktek mandiri senam irama.

E. Jenis Kegiatan Mahasiswa

Selama masa pandemi Covid-19 tidak membatasi kegiatan mahasiswa. Adapun kegiatan mahasiswa yang bisa dilakukan dirumah antara lain:
1. Berolahraga secara mandiri dirumah masing-masing.
2. Mengikuti kegiatan seminar online atau diskusi online.
3. Belajar secara mandiri dirumah dengan Modul yang sudah diberikan oleh dosen.
4. Keluar dari zona nyaman atau melakukan sesuatu diluar kebiasaan selama covid-19.

KEPEMUDAAN
FERDI ZULKARNAIN, M.Pd.

KEPEMUDAAN

PJKR (SEMESTER 7)

A. Deskripsi Matakuliah

Pada mata kuliah Kepemudaan ini membahas tentang Kegiatan pembinaan kepemudaan mahasiswa PJKR yang berkaitan dengan menumbuh kembangkan kreatifitas para pemuda, meningkatkan sumber daya pemuda agar mereka dapat menggali potensi mereka sebagai bekal untuk menjadi masyarakat yang berfikir positif, inovatif dan produktif, serta untuk melatih sikap mandiri, bekerjasama, kebersamaan dan kekeluargaan.


B. Manfaat Mempelajari Matakuliah

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjadi :
1. pemuda binaan memiliki keterampilan dasar yang bernilai jual.
2. pemuda binaan memperoleh pengetahuan yang lebih luas serta berinovatif dan produktif.
3. pemuda binaan dapat meningkatkan kreatifitas dan berperan aktif  ikut berkontribusi langsung dalam masyarakat.
4. pemuda binaan
mendapatkan bekal berwirausaha dan mengurangi tingkat pengangguran.



C. Cakupan Matakuliah

Pada perkuliahan Kepemudaan ini, mencakup beberapa materi yang bersifat teori dan praktik dari 16 kali pertemuan. Dimana setiap pertemuan mahasiswa/i diharapkan mampu, mengerti dan bisa mempraktekkan hasil dari kegiatan pembelajaran daring ini.

D. Cara atau Metode Belajar

Dalam perkuliahan Kepemudaan ini menerapkan beberapa cara atau metode pembelajaran, yaitu :
1. Daring (dalam jaringan) melalui Smart UNU, grup Whatsapp, dan Zoom.
2. Luring (Luar jaringan) pembelajaran selama pandemi ini tidak hanya melalui daring, tetapi luring yang mana kegiatan secara tatap muka ini dilaksanakan kurang lebih 2-3 kali saja pada awal dan akhir semester, guna memberi apresiasi kepada mahasiswa yang mungkin jenuh dengan kegiatan daring.

3. Analisis melalui studi kasus, penugasan, demonstrasi dan praktek mandiri yang
diberikan berbasis masalah terhadap lingkungan kepemudaan dimasyarakat.

E. Jenis Kegiatan Mahasiswa

Selama masa pandemi Covid-19 tidak membatasi kegiatan mahasiswa. Adapun kegiatan mahasiswa yang bisa dilakukan dirumah antara lain:
1. Berolahraga secara mandiri dirumah masing-masing.
2. Mengikuti kegiatan seminar online atau diskusi online.
3. Belajar secara mandiri dirumah dengan Modul yang sudah diberikan oleh dosen.
4. Keluar dari zona nyaman atau melakukan sesuatu diluar kebiasaan selama covid-19.


SISTEM PENDIDIKAN JASMANI
FERDI ZULKARNAIN, M.Pd.

SISTEM PENDIDIKAN JASMANI

PJKR (SEMESTER 5)

A. Deskripsi Matakuliah

Dalam matakuliah Sistem pendidikan jasmani ini membahas tentang salah mata kuliaj di perguruan tinggi yang merupakan media pendorong perkembangan keterampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan, sikap sportifitas, pembiasaan pola hidup sehat dan pembentukan karakter (mental, emosional, spiritual dan sosial) dalam rangka mencapai tujuan siatem pendidikan Nasional. 


B. Manfaat Mempelajari Matakuliah

Manfaat setelah mahasiswa mengikuti matakuliah sistem pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut: Memenuhi kebutuhan anak akan gerak, Mengenalkan anak pada lingkungan dan potensi dirinya, Menanamkan dasar-dasar keterampilan yang berguna, Menyalurkan energi yang berlebihan, Merupakan proses pendidikan secara serempak baik fisik, mental maupun emosional. 

C. Cakupan Matakuliah

Pada perkuliahan Sistem pendidikan jasmani ini, mencakup materi yang bersifat teori dan praktik dari 16 kali pertemuan. Dimana setiap pertemuan mahasiswa/i diharapkan mampu, mengerti dan bisa mempraktekkan hasil dari kegiatan pembelajaran daring ini.

D. Cara atau Metode Belajar

Dalam perkuliahan Ilmu kepelatihan ini menerapkan beberapa cara atau metode pembelajaran, yaitu :
1. Daring (dalam jaringan) melalui Smart UNU, grup Whatsapp, dan Zoom.
2. Luring (Luar jaringan) pembelajaran selama pandemi ini tidak hanya melalui daring, tetapi luring yang mana kegiatan secara tatap muka ini dilaksanakan kurang lebih 2-3 kali saja pada awal dan akhir semester, guna memberi apresiasi kepada mahasiswa yang mungkin jenuh dengan kegiatan daring.
3. Analisis melalui studi kasus, penugasan, demonstrasi dan praktek mandiri yang diberikan berbasis masalah terhadap sistem pendidikan jasmani. 

E. Jenis Kegiatan Mahasiswa

Selama masa pandemi Covid-19 tidak membatasi kegiatan mahasiswa. Adapun kegiatan mahasiswa yang bisa dilakukan dirumah antara lain:
1. Berolahraga secara mandiri dirumah masing-masing.
2. Mengikuti kegiatan seminar online atau diskusi online.
3. Belajar secara mandiri dirumah dengan Modul yang sudah diberikan oleh dosen.
4. Keluar dari zona nyaman atau melakukan sesuatu diluar kebiasaan selama covid-19.